Tips Memilih Susu Formula Anak Dan Rekomendasi Susu Formula Anak

Perlu diketahui bahwa susu formula bisa menjadi salah satu makanan anak setelah ASI. Atau mungkin bisa jadi satu-satunya pilihan ketika bunda tidak bisa memberikan ASI kepada bayi. Memang memilih susu formula untuk bayi atau anak itu tidaklah mudah. Karena jika bunda salah dalam memilih susu formula, anak bunda bisa-bisa mengalami alergi terhadap susu formula tertentu. Maka dari itu, dibutuhkan pemilihan susu formula yang tepat untuk bayi atau anak bunda.

Sekarang ini sudah banyak susu formula untuk anak yang sudah beredar di pasaran dengan berbagai jenis dan merek. Sedangkan harga jual susu formula ini sangatlah beragam. Mulai dari harga yang murah hingga harga yang mahal. Sebelum bunda akan memilih susu formula untuk anak, maka sebaiknya bunda mengetahui terlebih dahulu tips memilih susu formula anak. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan memberikan tips memilih susu formula anak dan rekomendasi susu formula anak sebagai berikut :

  1. Sesuaikan Dengan Usia

Perlu diketahui bahwa usia yang berbeda tentunya akan membutuhkan jenis dan kadar nutrisi yang berbeda pula. Maka dari itu, produsen susu formula bayi membagi produknya dalam beberapa kelompok usia. Mulai dari usia 0 – 5 tahun.

  1. Rasa Susu dan Efek Sampingya

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah rasa susu dan efek sampingnya. Mungkin bagi sebagian anak susu dengan rasa tertentu bisa menimbulkan rasa mual. Maka dari itu, memilih rasa susu formula yang sesuai dengan selera anak adalah sesuatu yang harus diperhatikan. Selain itu, pastikan bahwa susu tersebut tidak mengandung bahan atau senyawa kimia yang bisa menyebabkan alergi, kembung, atau diare.

  1. Kelengkapan Nutrisi

Perlu diketahui bahwa setiap kandungan serta kadar nutrisi yang ada pada setiap merk susu formula itu bisa berbeda satu sama lain. Tentunya hal ini disesuaikan dengan tujuan serta hasil yang ingin diraih setelah mengkonsumsinya. Dalam hal ini, terdapat susu bubuk yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi, kandungan gula rendah, rendah lemak, atau kaya omega. Oleh karena itu, untuk mendapatkan susu yang gizinya sesuai dengan kebutuhan bayi anda, maka perhatikan dahulu kelengkapan serta takaran gizi yang tercantum pada kemasan susu formula tersebut.

  1. Tanggal Kadaluarsa

Hal penting lainnya yang harus anda perhatikan saat memilih susu formula adalah tanggal kadaluarsanya. Karena sebagus apapun merk susu tersebut dengan berbagai kandungan gizinya, namun semua itu tidak ada artinya jika sudah melawati masa kadaluarsanya. Maka dari itu, saat anda akan memilih susu bubuk, perhatikanlah tanggal kadaluarsanya yang tercantum pada kemasan susu 1 dus tersebut. Karena jika anda mengkonsumsi susu yang sudah lewat masa kadaluarsanya, dikhawatikan akan mengganggu kesehatan anda.

Rekomendasi Produk Susu SGM Soya 1-5 Tahun

Susu formula yang akan direkomendasikan adalah Susu SHM Soya.  SGM Soya 1-5 Tahun Madu (400 gr) : Produk ini merupakan susu pertumbuhan anak untuk usia 1-5 tahun yang menggunakan Isolat Protein sebagai sumber proteinnya, sehingga bisa diberikan kepada anak yang memiliki alergi terhadap protein susu sapi serta anak yang menderita galaktosemia. Selain itu, Susu SGM Soya 1-5 Tahun ini memiliki tanggal kadaluarsa produk minimal 5 bulan dari tanggal pembelian.

Itulah tips memilih susu formula anak dan rekomendasi susu formula anak, pemberian susu formula ini dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil ketika ibu tidak bisa memberikan ASI kepadanya.