Sebelum ke Dokter, Coba Obat Sakit Gigi Anak Berikut ini

Sakit gigi merupakan penyakit yang sangat mengganggu, terlebih pada anak kecil. Selain membuat rasa tidak nyaman, sakit gigi juga dapat menyebabkan anak susah makan. Namun, ketika gigi masih terasa sakit, tindakan medis belum bisa dilakukan. Oleh sebab itu, guna meringankan rasa sakit, berikut beberapa obat sakit gigi anak yang bisa Anda gunakan.

Garam

Selain digunakan untuk memasak, garam juga cukup ampuh untuk meringankan sakit gigi akibat gigi berlubang atau gingivalis (radang gigi). Garam mampu menurunkan kelembapan pada area mulut sehingga bakteri akan sulit tumbuh atau bahkan mati. Alhasil, gigi menjadi lebih sehat dan rasa sakit pun akan reda seketika.

Cara penggunaannya, larutkan ½ sdt garam dalam segelas air hangat lalu aduk hingga larut. Kemudian, gunakan air tersebut untuk berkumur. Selain meredakan sakit, berkumur dengan air garam juga dapat membersihkan sisa-sisa makanan yang menjadi penyebab utama bakteri tumbuh dan berkembang. Anda bisa mengulangi cara ini beberapa kali hingga rasa sakit reda.

Bawang

Di balik aromanya yang menyengat, ternyata bawang juga cukup ampuh mengatasi sakit gigi. Baik bawang putih maupun bawang merah memiliki manfaat yang sama. Bawang memiliki kandungan allicin serta minyak alami yang mampu membunuh bakteri.

Anda bisa menyuruh anak untuk mengunyah langsung bawang dengan menggunakan gigi yang sakit. Ketika bawang terkoyak, minyak alami dan senyawa allicin akan keluar sehinga bakteri pada area tersebut akan mati.

Jika gigi terlalu sakit untuk digunakan mengunyah atau tidak tahan terhadap aroma bawang, Anda bisa mengiris atau menghaluskan bawang, lau aplikasikan bawang tersebut pada bagian gigi yang sakit dan diamkan beberapa saat. Setelah itu, berkumurlah dengan menggunakan air hangat.

Es Batu

Obat sakit gigi anak selanjutnya adalah melakukan pengompresan menggunakan es batu. Cara menggunakannya, bungkus es batu menggunakan kain atau plastik, lalu tempelkan pada bagian yang sakit. Anda juga bisa menggigit es batu dengan menggunakan gigi yang sakit. Suhu dingin akan membuat saraf gigi menjadi kebas, alhasil rasa sakit pun akan menghilang.

Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh sejak dahulu dipercaya sebagai obat sakit gigi tradisional di berbagai belahan dunia. Penelitian menunjukan bahwa minyak cengkeh mengandung eugenol, yang memiliki fungsi sebagai anestesi alami. Senyawa ini bekerja dengan cara melumpuhkan saraf gigi sementara sehingga rasa sakit akan reda seketika.

Cara penggunaannya, teteskan minyak cengkeh pada bola kapas, lalu tempelkan pada bagian gigi yang sakit dan biarkan beberapa saat. Anda bisa mengulang cara ini beberapa kali hingga rasa sakit mereda.

Itulah beberapa obat sakit gigi anak yang ampuh dan aman digunakan. Perlu diingat bahwa cara ini hanya sebagai penanganan sementara, setelah rasa sakit reda segeralah konsultasi ke dokter untuk mengatasi sumber masalahnya. informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan parenting bisa Anda lihat di laman parenting.orami.co.id.