Bosan Menyambangi Bengkel untuk Melakukan Service? Service AC Mobil Kamu Sendiri!

Ketika AC mobil seseorang sudah dirasa tidak lagi menghantarkan udara dingin ataupun mengalami kerusakan, orang tersebut pastilah akan langsung bergegas menyambangi bengkel AC mobil untuk memperbaikinya.

Tapi terkadang, hal seperti itu dianggap memberatkan bagi sebagian orang. Ada beberapa hal yang mendasari hal ini bisa terjadi. Contohnya saja:

  1. Harga service AC cenderung mahal. Tapi semuanya tetap bergantung pada seberapa parahnya kondisi AC tersebut.
  2. Terlalu sibuk bekerja sehingga tidak memiliki waktu untuk datang ke Bengkel.
  3. Lokasi bengkel yang terlalu jauh dari rumah/ tempat bekerja, dll.

Padahal jika diulik lebih dalam lagi, menunda service AC sama saja membiarkan kondisinya menjadi semakin parah. Ujung-ujungnya, keadaan semua komponen ACnya menjadi memburuk dan semakin mengkhawatirkan.

Jika memang terdesak dan memiliki kendala untuk datang ke bengkel, mengapa Anda tidak melakukan service sendiri saja di rumah? Tapi apa bisa?

Tentu saja bisa. Bahkan bagi seorang pemula sekalipun, jawabannya tetap sama, bisa. Tapi bagaimana caranya?

Cara Melakukan Service AC Mobil Sendiri

Sebenarnya, ada beberapa keadaan yang memang bisa dilakukan sendiri di rumah, tapi ada juga keadaan dimana kondisi AC memang mengkhawatirkan sehingga membutuhkan bantuan ahli dari bengkel.

Melakukan service/ sekadar pengecekan kondisi sendiri, tetap saja bisa menghemat biaya perbaikan yang mungkin bisa dikeluarkan, dan yang pastinya bisa mengantisipasi adanya kerusakan sejak dini. Nah, berikut ini adalah ulasannya:

  1. Memeriksa Kondisi Kompressor AC

Kondisi dinding kompressor AC haruslah sering diperiksa guna memastikan adanya kebocoran pada kompressor atau bagian komponen AC lainnya.

Jika dinding kompressor AC kotor dengan oli, maka bisa dipastikan sedang terjadi kebocoran pada salah satu komponen Acnya. Sebaliknya, jika kondisi dinding kompressor dalam keadaan bersih menandakan AC sedang dalam kondisi baik dan bisa bekerja dengan optimal.

  1. Memeriksa Kondesor AC

Kondensor AC ini memang sering dianggap sepele keberadaannya. Padahal jika kondensor rusak, maka udara yang dikeluarkan oleh AC pun tidak akan dingin.

Anda bisa memeriksa pada bagian sirip-sirip di kondensor, apakah terdapat kotoran oli atau tidak, atau mungkin ada bagian sirip yang melengkung atau tidak. Jika iya, Anda bisa memperbaiki posisinya dan membersihkan kotoran yang ada. Atau jika kondisinya terlalu parah, datanglah ke bengkel untuk mengganti kondensor yang sudah bocor.

  1. Memeriksa Fan Condensor

Fungsi utama dari fan condensor adalah untuk membuang suhu udara yang panas di dalam kondensor. Untuk memastikan keadaannya, Anda bisa memeriksa dari laju putarannya. Jika lajunya lambat, berarti bahwa fan condensor mengalami overheating.

Itulah beberapa cara untuk melakukan service AC mobil sendiri di rumah. Bagaimana? Cukup mudah bukan? Cara ini pun bisa dilakukan bila memang Anda tidak bisa datang langsung ke bengkel. Tapi kembali Kami tegaskan sekali lagi, ketika kondisi AC mobil sudah parah, atau tidak bisa ditangani sendiri, maka Anda tetaplah membutuhkan bantuan para profesional.